MAHASISWA KKN KT FKIP UNILA TURUT BERPARTISIPASI DALAM PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN RI

MAHASISWA KKN KT FKIP UNILA

TURUT BERPARTISIPASI DALAM PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN RI DAN KARNAVAL BUDAYA DI WILAYAH PESISIR BARAT

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-69, Pemerintah Kecamatan Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat bersama dengan KKN-KT FKIP Universitas Lampung mengadakan rangkaian acara yang diselenggarakan mulai tanggal 11 Agustus sampai dengan 17 Agustus 2014.

Kegiatan ini diadakan di berbagai Desa yang ada di Kecamatan Karya Penggawa, antara lain Desa Laay, Way Nukak, Bandar, Way Sindi, dan Kebuayan, serta dipusatkan di lingkungan kantor kecamatan. Kegiatan ini melibatkan semua warga Kecamatan Karya Penggawa, dari usia anak hingga dewasa, kategori pelajar dan umum. Rangkaian acara kegiatan meliputi berbagai perlombaan seperti lomba sepak bola yang diadakan di lapangan kecamatan Karya Penggawa, kemudian lomba tennis meja pelajar di Desa Way Nukak, Badminton di Desa Way Sindi, lomba adzan yang juga diadakan di kecamatan, lomba mewarnai untuk usia PAUD di Aula kecamatan Karya Penggawa, upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, serta karnaval yang diikuti oleh 5 Desa yang ada di Kecamatan Karya Penggawa.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi sebagai inti rangkaian acara diselenggarakan di SMP Negeri Karya Penggawa. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) berasal dari siswa/siswi SMA Negeri Karya Penggawa yang telah dilatih oleh tim dari Koramil dan KKN-KT Unila. Peserta upacara berasal dari seluruh sekolah dan instansi pemerintahan tingkat kecamatan.

Acara puncak yakni karnaval berlangsung seru dan meriah dengan banyaknya peserta dan keragaman tampilan dari masing-masing group. Kegiatan ini diketuai oleh Bapak Dulaimi selaku Sekretaris Desa Bandar, dengan tema Budaya Tradisi Kecamatan Karya Penggawa. Peserta dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori anak-anak yang meliputi siswa PAUD, TK, dan SD, serta kategori Umum yang meliputi siswa SMP, siswa SMA, dan warga pekon. Titik start karnaval dimulai dari Pekon Bandar hingga berakhir di lapangan kecamatan. Seluruh warga antusias menyambut para peserta di sepanjang  jalannya karnaval. Pemenang karnaval kategori Umum diraih oleh Pekon Bandar yang mengusung budaya Kelama Ngantak Sulan Dedokh, dan kategori anak-anak dijuarai oleh SDN 1 Menyancang yang menampilkan pengantin adat Lampung Pesisir beserta rombongan.

Tingginya antusiasme warga dalam mengikuti seluruh perlombaan hingga karnaval membuat kegiatan Peringatan HUT RI ke-69 di Kecamatan Karya Penggawa ini menjadi sangat meriah. Bapak A. Faisol Amrillah selaku Camat Karya Penggawa sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau berharap agar kegiatan semacam ini terus dilakukan setiap tahunnya. Mengingat kegiatan perayaan semacam ini sempat vakum selama tiga tahun dan baru dilaksanakan kembali pada tahun ini.

“Saya sangat mengapresiasi antusiasme warga kecamatan Karya Penggawa. Suksesnya seluruh rangkaian acar tak lepas dari kerjasama berbagai pihak terkait dan mahasiswa KKN-KT FKIP Unila. Kemeriahan acara ini semoga bisa terlaksana kembali untuk tahun-tahun selanjutnya.” ujar Camat Karya Penggawa.

Salah seorang mahasiswa KKN-KT FKIP Unila yang mejadi peserta Karnaval Budaya, Evi Meriani menyampaikan “saya sangat senang bisa berperan serta sebagai peserta pada acara karnaval ini, ini juga merupakan kesempatan yang sangat baik bagi saya untuk mempelajari lebih dalam terkait budaya Lampung yang ada di wilayah pesisir barat ini”

Leave a Reply