Pemberangkatan KKN-K Terintegrasi ke Lampung Barat

Sesuai dengan kalender KKN-K Terintegrasi FKIP Unila Tahun 2013 bahwa pelaksanaan KKN-K Terintegrasi mulai 1 Juli s.d 17 September 2013. Jadwal pemberangkatan di lokasi Kabupaten Lampung Barat dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2013, mulai pukul 20.00. Walaupun waktu pemberangkatan setelah sholat isya, peserta KKN-K diharapkan check in dengan kordes dan korcam pukul 17.00 bertempat di depan Aula K FKIP Unila. Kordes dan korcam perlu mendata anggotanya, koper, serta peralatan yang akan dibawanya.  Begitu pula, bus dan tempat duduk perlu disampaikan kepada peserta sehingga mereka tidak berebut tempat duduk ketika akan berangkat.

Mahasiswa yang ber-KKN-K di Lampung Barat berjumlah 492 dan akan menempati 11 Kecamatan 46 sekolah dan 44 desa. Bus yang diperlukan untuk pemberangkatan wilayah Kabupaten Lampung Barat sebanyak 18 bus. Rata-rata setiap bus mampu menampung 28 – 30 peserta. Perjalanan dari Bandar Lampung menuju Kabupaten Lampung Barat memerlukan waktu sekitar 6- – 8 jam. Diharapkan dengan pemberangkatan mulai pukul 20.00 sampai di Islamic Centre Lampung Barati pukul 04.00 pagi. Di tempat tersebut, peserta KKN-K Terintegrasi bisa beristirahat, mandi, berganti pakaian, dan sholat shubuh  di Islamic Center Lampung Barat.

Peserta KKN-K Terintegrasi melanjutkan perjalanan menuju Aula Pemda Lampung Barat pukul 10.00. Rencananya peserta akan melaksanakan upacara penyambutan pukul 11.00. Sambil menunggu kedatangan Bupata Lampung Barat, acara tersebut diisi dengan perkenalan antara mahasiswa dengan unsur pimpinan daerah yaitu dengan ketua bapeda, para asisten bupati, para camat, dan para kepala desa (peratin). Acara perkenalan ini dipandu oleh Kepala Dinas Pendidikan Lampung Barat. Acara inti yaitu upacara penyambutan dimulai sekitar pukul 12.00 karena Bupati Lampung Barat pada waktu yang bersamaan mengikuti acara sertinjab Kapolres Lampung Barat.  Upacara penyambutan ini dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, doa, sambutan mahasiswa sebagai koordinator kabupaten(Akbar), sambutan  Ketua PLT (Dr. Mulyanto W., M.Pd), dan sambutan Bupati Lampung Barat(Drs. Muklis Basri, M.M.).  Setelah upacara selesai, peserta KKN-K Terintegrasi menuju lokasi.

Leave a Reply